Membangun Rumah tanpa Perencanaan, jadi sebab sulitnya capai ODF

Membangun Rumah tanpa Perencanaan jadi sebab sulitnya capai ODF



Rumah adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap keluarga, baik mereka yang tinggal dikawasan perkotaan atau pedesaan, tak jarang banyak pihak menawarkan berbagai macam kemudahan untuk memiliki hunian.

Namun sayang pertumbuhan hunian tidak dibarengi dengan pertumbuhan pengetahuan masyarakat akan hunian yang baik seperti apa, akibatnya banyak hunian baru muncul yang dibangun tanpa perencanaan, sehingga mengabaikan aspek kesehatan, baik untuk penghuni dan lingkungan.

Dikalangan masyarakat pedesaan banyak kita jumpai warga membangun rumah, hanya membangun rumahnya saja, tanpa memikirkan membangun sanitasi yang baik untuk rumahnya, seperti membuat kamar mandi, WC, Dapur, Septictank, Resapan dan tempat pembuangan sampah.

Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan program pemerintah terkait ODF atau Open Defication Free atau bebas buang air besar sembarangan, faktanya masih banyak ditemukan rumah yang bagus tapi penghuninya masih buang air besar sembarangan dan masih memiliki paceran.

Untuk itulah diperlukan edukasi bagi masyarakat dalam membangun sebuah hunian atau bangunan lain agar tidak lupa pula merencanakan pembuatan tempat pembuangan kotoran seperti Septictank dan sumur resapan serta tempat sampah. (MNA).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Vokasi Industri Berbasis Sistem 3-in-1 Digital Marketing : Mendorong Kemajuan Pemasaran Digital di Indonesia

5 Tips Memilih Jasa Travel untuk Perjalanan Liburan Keluarga di Purbalingga

Pelatihan Vokasi Industri Berbasis Sistem 3-in-1 Digital Marketing : Mendorong Kemajuan Pemasaran Digital di Indonesia