Bela negara tapi gak paham ideologi

Penyelenggaraan pendidikan bela negara memang penting bagi keutuhan bangsa dan negara, akan tetapi ada hal yang dilupakan yaitu pendidikan pemahaman ideologi, baik ideologi kebangsaan ataupun ideologi agama, ini adalah hal yang wajib.

Kenapa harus ideologi kebangsaan dan ideologi agama, faktanya ideologi kebangsaan tidak bisa dipisahkan dari ideologi agama, dalam dasar negara kita Pancasila, sila yang pertama adalah ketuhanan yang maha Esa, ini menunjukkan bahwa adanya negara tidak bisa dipisahkan dengan agama. Itulah kenapa pemahaman ideologi kebangsaan dan agama itu penting serta tidak bisa dipisahkan.



Fakta di lapangan justru berbanding terbalik, mau bela negara tapi ada yang pake ilmu kebal, bersekutu dengan jin, pake susuk, pake pengasihan, ini jelas sangat bertentangan dengan Pancasila sila pertama, karena tidak ada urgensinya untuk tidak bertuhan kepada Tuhan yang maha Esa, Allah Subkhanahu Wata'ala. Karena hanya Allah-lah yang berhak disembah, diibadahi, diminta pertolongan dan manusia patut tunduk pada-Nya.

Founding Father kita, sang proklamator, Bung Karno, sudah menanamkan ideologi ketuhanan pada sila pertama Pancasila dan pembukaan UUD 1945. Jadi jelas kenapa bela negara harus dibarengi dan pemahaman ideologi kebangsaan dan ketuhanan. Dengan pemahaman ideologi yang benar, tanpa disuruh pun, orang akan membela negaranya saat dalam ancaman, dengan cara dan bentuk apapun, seperti para pejuang kemerdekaan dahulu.

Soffa Mustoffa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Vokasi Industri Berbasis Sistem 3-in-1 Digital Marketing : Mendorong Kemajuan Pemasaran Digital di Indonesia

5 Tips Memilih Jasa Travel untuk Perjalanan Liburan Keluarga di Purbalingga

Pelatihan Vokasi Industri Berbasis Sistem 3-in-1 Digital Marketing : Mendorong Kemajuan Pemasaran Digital di Indonesia