Pertumbuhan Ekonomi atau Pemerataan Kesejahteraan



Pertumbuhan Ekonomi atau Pemerataan Kesejahteraan, mana yang cocok untuk memajukan Desa.

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomianyang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Sedangkan Kesejahteraan atau sejahtera dapat memiliki empat arti. Dalam istilah umum, sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai. Dalam ekonomi, sejahtera dihubungkan dengan keuntungan benda. Wikipedia.

Pertumbuhan ekonomi bertumpu pada kenaikan pendapatan, sedangkan kesejahteraan bertumpu pada pemenuhan kebutuhan dengan mengambil manfaat dari suatu benda.
Membangun wilayah pedesaan mestinya dengan target kesejahteraan, bukan dengan target pertumbuhan ekonomi, jika membangun wilayah pedesaan dengan target pertumbuhan ekonomi, akibatnya akan banyak warga meninggalkan desanya atau merantau, karena pertumbuhan ekonomi identik dengan kenaikan pendapatan, di desa, untuk menaikkan pendapatan secara signifikan terbilang sulit, tapi jika pemenuhan kebutuhan dengan memanfaatkan SDA yang ada bukanlah hal yang sulit, karena prinsip kesejahteraan adalah mengambil manfaat dari suatu benda untuk pemenuhan kebutuhan.

Artinya dalam membangun desa perlu memahami prinsip ini, yaitu melakukan pemerataan kesejahteraan untuk menumbuhkan ekonomi, bukan sebaliknya, menumbuhkan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan.

Soffa Mustoffa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Vokasi Industri Berbasis Sistem 3-in-1 Digital Marketing : Mendorong Kemajuan Pemasaran Digital di Indonesia

5 Tips Memilih Jasa Travel untuk Perjalanan Liburan Keluarga di Purbalingga

Pelatihan Vokasi Industri Berbasis Sistem 3-in-1 Digital Marketing : Mendorong Kemajuan Pemasaran Digital di Indonesia